Sabtu, 07 Agustus 2010

Makanan apa saja sebagai Pereda haid...

Apakah Anda salah satu wanita yang selalu didera rasa sakit saat PMS atau bahkan saat menstruasi? Bila iya, Anda tidak perlu khawatir. Sakit perut atau perubahan mood hanyalah beberapa masalah yang timbul akibat perubahan hormonal menjelang menstruasi. Selain Olahraga, cara lain untuk mengatasinya adalah dengan menjaga jenis makanan dan nutrisi yang dikonsumsi. Simak tulisan di bawah ini agar Anda tahu jenis makanan dan nutrisi apa yang wajib Anda makan.


Karbohidrat Kompleks Kendalikan Mood

Para ahli percaya bahwa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa menghilangkan gejala PMS. Menurut Ellen S. Mitchell, Ph.D guru bear di University of Washington School of Nursing mengatakan bahwa terdapat hubungan antara karbohidrat kompleks dan serotonin (zat kimia otak) yang dapat mengendalikan mood, nafsu makan dan tidur. Nah saat Anda tengah 'diserang' PMS, karbohidrat kompleks ini secara konsisten dapat membantu mempertahankan kadar serotonin sehingga perubahan mood dan kecanduan makan dapat dihindari. Coba mulailah mengkonsumsi kentang, jagung, buncis, gandum dan roti.

Kalsium Kurangi Kram Perut

Tahukah Anda mengkonsumsi satu gelas susu yang mengandung 3000 mg kalsium dapat membantu mengurangi kram dan kejang perut saat PMS? Kalsium yang antara lain terdapat di dalam susu ini, juga dipercaya dapat membantu menghilangkan gejala kecemasan. Hal tersebut karena kalsium diyakini dapat mengendalikan konduksi impuls syaraf ke dan dari otak juga untuk kontraksi otot. Temukan juga kalsium pada yoghurt rendah lemak dan biji kacang almond.

Nanas untuk Atur Siklus Menstruasi

Di dalam buah Nanas tidak hanya terdapat enzim Protease yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan percernaan saja, tapi juga terdapat enzim Bromelain. Enzim ini berfungsi menjaga keseimbangan hormon tubuh, sehingga amat berguna bagi wanita untuk mengatur siklus menstruasinya agar teratur.

Pisang, Menghilangkan Rasa Sakit

Anda tidak perlu memakai pil penghilang rasa sakit, karena cukup dengan pisang yang mengandung vitamin B6 kadar gula dalam darah dapat dikendalikan, sehingga suasana hati yang tak beraturan dan sakit perut menjelang dan saat mens, dapat terkontrol baik.

Kacang Kedelai Kurangi Pusing & Kram

Enzim phytoestrogen pada kacang kedelai terbukti dapat mengurangi gejala pra menstruasi. Enzim Phytoestrogen tersebut adalah cikal bakal estrogen, sehingga bila dikonsumsi lebih banyak dapat mengurangi kram, rasa mual dan pusing.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar