Rabu, 18 Agustus 2010

Pria berKOMEDO..gak banget...!

Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori yang berukuran kecil, dan sering terabaikan pada saat kita membersihkan wajah. Komedo ada yang berwarna hitam dan putih membuat wajah terlihat kotor dan kusam.
Bagi pria yang memperhatikan penampilan dan trand sekarang ini, apalagi penampilan wajah mukanya ditambah timbulnya komedo membuatnya sangat jengkel dan membuatnya kalang kabut . Sekalipun sudah rajin membersihkan wajah, namun seringkali komedo tidak mudah dibersihkan dan butuh perawatan yang maksimal. Komedo muncul karena terjadinya penumpukan minyak yang berlebihan pada wajah. Komedo dapat juga disebabkan karena sel kulit yang mati dan pada sel kulit tersebut tidak lagi muncul sel kulit baru. Maka disitulah terjadinya proses penumpukan minyak dan umumnya komedo muncul di area dahi, hidung, dan dagu bahkan di bawah mata dan dagu sekalipun.
Perlu diketahui bahwa komedo terdiri dari dua jenis, yaitu :

1. Blackhead (komedo terbuka) - Pori-pori wajah seakan-akan membesar dan hitam. Komedo jenis ini dikenal dengan komedo terbuka dan berwarna hitam karena teroksidasi oleh udara.

2. Whitehead (komedo tertutup) - Komedo tampak seperti benjolan berukuran kecil yang terletak di bawah kulit. Komedo ini berada di balik lapisan kulit ari, tersumbat karena kotoran, juga lemak.

KOMEDO HILANG..?
Coba kita perhatikan item-item pendukung dibawah ini :

* Kenali Jenis Kulit
Biasanya komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak, sesuaikan produk pembersih wajah.

* Gunakan Pembersih yang Tepat
Agar dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Berikan toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang digunakan.

* Gunakan Pelembap yang Cocok
Untuk kulit normal dan berminyak, gunakan pelembap oil free.

* Jangan Memakai Produk Comedogenic
Produk yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Bagi pria memang produk ini tidak terlalu disarankan.

* Hidup Sehat dan Cukup Gizi
Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Pada saat kondisi tubuh menurun, kuman-kuman mudah masuk ke dalam tubuh.

* Facial
Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat

* Diet
Ada juga fungsinya untuk kaum pria, karena bisa membentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan

* Ke Dokter Kulit
Dokter akan memberikan obat tertentu dengan catatan komedonya sudah sangat banyak, dan akan menggunakan bantuan teknologi laser.

TIPS ANGKAT KOMEDO

1. Gunakan Putih Telur
Ambil sedikit putih telur, tempatkan di wadah, kocok hingga berbusa. Oleskan di sekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu dan biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Di bagian dalam tisu, akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat.

2. Scrub Sayur dan Masker Kacang
a. Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, ¼ buah apel, campur dengan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu bilas.
b. Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler di bawah kulit dan memperlancar peredarah darah ke kulit.
c. Campur sari kacang kedelai dan kacang polong, gunakan sebagai masker, diamkan 30 menit, bilas. Gunakan beberapa kali.
Hidup sehat dengan cukup tidur dan istirahat. Hindari stres dan makan makanan yang bernutrisi. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi coklat, kacang-kacangan, telur, keju, alpukat, durian, segala jenis susu, gorengan, santan, lemak, kerang, makanan lainnya yang memiliki kadar lemak berlebih.

Untuk tampil smart dan fresh, ikuti tips dan kiat-kiat jitu diatas, dan sebagai seorang pria yang modern dan bergengsi usahakan lebih menyesuaikan diri dengan tampilan wajah yang jantan.

Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar