Jumat, 27 Agustus 2010

Mukjizat Gerakan Shalat untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit.

Shalat dan kesehatan begitu erat. Selain bacaan shalat yang antara lain berisi doa untuk diberi kesehatan, gerakan shalat pun dapat menyehatkan. ”Gerakan shalat dapat melenturkan urat saraf, mengembalikan posisi saraf, mengaktifkan sistem keringat, mengaktifkan sistem pemanas tubuh, membuka pintu oksigen ke otak, mengeluarkan listrik negatif dari tubuh kita lewat tombol getar, membiasakan pembuluh darah halus di otak mendapatkan tekanan tinggi, membuka pembuluh darah di bagian dalam tubuh (arteri jantung),”

Bahkan berwudlu sebagai syarat sahnya shalat, mempunyai efek pada kesehatan. Berwudlu merupakan teknik dasar yang sangat baik dan sederhana, yang diberikan Allah, untuk menjaga kesehatan kita.

Berwudlu membersihkan bagian-bagian tubuh badan, dan kebersihan merupakan salah satu cara mencegah datangnya penyakit, yang berarti menjaga kesehatan. Menurut penulis buku ini, berwudlu tidak sekadar membalur air ke bagian-bagian tubuh tapi bila dilakukan sembari dengan pemijatan di ujung-ujung saraf, akan berefek baik pada kesehatan. Telapak tangan luar kita yang mengarah ke setiap ujung jari, terdapat ujung saraf yang berfungsi membuang kelebihan listrik negatif dari setiap organ tubuh kita. Berwudlu mulai dari siku sampai ujung jari-jari tangan, kalau disertai dengan pijatan, sehari lima kali, pasti akan membantu menjaga kelenturan urat saraf tangan kita.

Pada telapak tangan juga terdapat saluran kolesterol, asam urat, dan zat tanduk sebagai bahan baku pertumbuhan kuku. Ketika berwudlu sembari dilakukan pemijatan pada telapak tangan, akan mencegah terjadinya sumbatan pada saluran lendir dan akan diperoleh pembakaran kolesterol dan asam urat secara optimal. Selain pemijatan pada telapak tangan, saat berwudlu juga dilakukan pemijatan pada wajah.

Dengan meyakini bahwa gerakan shalat sangat baik untuk kesehatan, penulis buku ini, menguraikan teknik senam berdasarkan gerakan shalat. Teknik senam ini antara lain menekankan pada:
1) memaksimalkan tekukan-tekukan untuk menarik ujung-ujung saraf;
2) Memaksimalkan gerakan takbiratul ihram, yang dapat melenturkan saraf paru-paru yang terdapat di ruas tulang belakang antara tulang belikat, serta membuka rongga dada secara maksimal.
3) Rukuk yang maksimal sambil memegang mata kaki, dan menarik urat saraf sensorik, motorik, dan saraf keseimbangan tubuh di bagian betis, pangkal paha dalam, dan ruas tulang pinggang.

Gerakan Shalat dan Pijat Getar Saraf, penulis buku ini menjelaskan gerakan shalat dan efeknya bagi kesehatan. Pada gerakan sujud, menurut penelitian, ada pembuluh darah yang dapat diisi kembali. Dengan sujud pula, pembuluh darah pada kepala dialiri darah baru dan segar. Sementara itu, pada gerakan rukuk yang maksimal dapat merawat kelenturan tulang belakang. Tulang belakang ini berisi sumsum tulang dan merupakan saraf sentral beserta sistem aliran darahnya.

Adapun gerakan berdiri dari rukuk bermanfaat untuk menjaga saraf keseimbangan. Duduk di antara dua sujud dapat menjaga kelenturan pembuluh nadi balik, urat saraf motorik, kabel keringat di bagian dalam atau bawah lutut dan betis, pangkal kaki atas.

semoga bermangfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar